You are here:

Vitamin C Dosis Tinggi Bisa Memicu Risiko Kanker?

 

Vitamin C Dosis Tinggi – Suplemen berupa vitamin dalam bentuk makanan atau pun pil diyakini dan dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Makanya banyak yang mengonsumsi suplemen dengan harapan akan mendapatkan tubuh yang sehat.

Vitamin C

Vitamin ternyata tidak melulu baik bagi tubuh, karena kalau penggunaannya berlebihan malah berakibat buruk bagi kesehatan. Seperti halnya vitamin C, berdasarkan riset membuktikan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi lebih banyak vitamin C dalam dosis tinggi berisiko terkena kanker prostat.

Tak tanggung-tanggung risiko ini bisa mencapai 30 persen, hal ini berdasarkan pendapat dari para peneliti.

Penelitian terhadap vitamin C ini sendiri melibatkan 48 ribu pria dengan usia 40-75 tahun selama 1986 hingga 2008. Dari penelitian tersebut setiap 4 tahun seorang responden menyelesaiakan kuesioner yang didesain untuk merekam kebiasaan makan mereka. Para peneliti mengikuti perkembangan mereka untuk melihat mana yang lebih banyak mengalami kanker prostat.

Dalam International Journal of cancer menunjukkan kalau Antioksidan yang berasal dari makanan atau pil, tidak menurunkan atau meningkatkan resiko terkena tumor. Antioksidan bisa melawan proses terjadinya tumor yang disebut dengan oksidasi. Proses inilah yang menghancurkan sel tumor.

Catatan yang paling penting dan sangat perlu diperhatikan adalah pria yang mengkonsumsi paling banyak antioksidan dari pil vitamin dapat beresiko 28 % lebih tinggi terkena kanker prostat dibandingkan dengan yang sedikit atau tidak sama sekali mengkonsumsi vitamin.

Selain itu yang meminum suplemen vitamin paling banyak ternyata juga berisiko sekitar 15% lebih tinggi terkena kanker prostat stadium lanjut. Tumor ini bisa menyebar ke bagian organ lain dan dapat mengurangi kesempatan hidup penderitanya.

Menurut peneliti hal ini menegaskan kalau mengkonsumsi antioksidan dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat yang mematikan dan cepat menyebar. Dan kontributor utama dari semua ini adalah vitamini C.

Tapi penelitian ini tidak begitu saja disetujui, karena ada beberapa yang menolak penelitian ini. Salah satunya Dr Carrie Ruxton dari Health Supplements Information Service di Inggris yang memberikan pendapat bahwa sangat mungkin pria mengalami gejala terkait kanker prostat sebelum didiagnosa. Kanker tidak ada hubungannya dengan mengkonsumsi suplemen. So… masih jadi tanda tanya besar apakah benar-benar vitamin C dosis tinggi dapat menyebabkan kanker.

Via dailymail & kompas

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Mandi Malam Ternyata Tidak Menyebabkan Rematik
  2. Sayuran Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
  3. 9 Jenis Roti Untuk Menurunkan Berat Badan
  4. Efek Samping Karena Terlalu Banyak Makan Wortel
  5. Teh Hitam Mampu Mencegah Kerusakan Gigi
  6. Terlalu Banyak Duduk Memicu Kanker Usus Besar
  7. Salad Tak Sehat Bagi Tubuh, Kenapa Ya?
  8. Awas, Minyak Sayur Tidak Sehat Untuk Jantung?
  9. Mie Instan Bisa Menyehatkan, Asalkan..
  10. Ramuan Herbal untuk Obat Masuk Angin Anak
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Oct
24
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat