You are here:

Penyebab Tangan Dan Kaki Kesemutan

 

Apakah Anda sering mengalami kesemutan? jika iya, Anda perlu waspada karena jika sering terjadi kesemutan pada kaki ataupun tangan kemungkinan ada sesuatu yang salah pada tubuh kita. Dan tindakan yang benar adalah memeriksakan diri ke dokter, agar bisa segera diketahui penyebabnya.

kesemutan

Menurut pendapat seorang asisten profesor kedokteran di Ohio University bernama Stanley Lyadurai bahwa kesemutan merupakan kondisi yang pernah dirasakan semua orang. Kesemutan pada umumnya merupakan kondisi yang wajar terjadi. Tapi, jika kesemutan sangat sering terjadi disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa saja kesemutan itu disebabkan oleh beberapa hal yang erat kaitannya dengan kondisi tubuh secara keseluruhan.

Berdasarkan informasi dari situs prevention.com seperti dikutip dari vemale, bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kesemutan yaitu :

1  Adanya saraf leher atau pungung yang terjepit

Ada perlu waspada jika sering mengalami kesemutan yang terjadi pada leher, punggung dan kaki. Karena bisa saja ada saraf leher atau punggung yang terjepit. Hal ini kemungkinan karena Anda salah posisi tidur, salah posisi duduk atau bisa juga akibat dari cidera dan postur tubuh yang buruk.

2. Kekurangan Vitamin

Penyebab kesemutan yang lain adalah karena kekurangan vitamin B12. Biasanya jika Anda kekurangan vitamin ini maka tangan dan kaki akan merasa kesemutan. efek lain dari kekurangan vitamin B12 adalah mudah lelah, lesu dan rentan terserang penyakit. Untuk mengatasi ini Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dengan banyak makan sayur dan buah.

3. Risiko Diabetes

Anda perlu waspada ketika kesemutan, karena penyebab lainnya adalah adanya risiko diabetes. Ketika kadar gula darah tinggi maka akan memicu kesemutan pada tangan, kaki ataupun anggota tubuh lainnya.

Menurut Stanlay Lyadurai bahwa orang-orang yang mengalami diabetes sangat rentan terjadi kesemutan. Makanya jika Anda mengalami kesemutan yang cukup sering, tak ada salahnya untuk melakukan tes kadar gula dalam darah agar Anda terhindar dari risiko diabetes.

4. Terlalu banyak mengetik

Stanlay Lyadurai menambahkan bahwa pekerjaan yang berhubungan dengan mengetik atau gerakan tangan yang terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kesemutan. Biasanya kesemutan terjadi karena posisi tubuh ketika mengetik kurang tepat sehingga menyebabkan terjadi kesemutan di bagian tangan, leher dan bahu.

Nah, itulah beberapa penyebab dari kesemutan. Selain penyebab diatas, kesemutan bisa juga terjadi karena adanya penyempitan tulang belakang atau serviks, tiroid di dalam tubuh kurang aktif dan tubuh kurang gerak. Agar terhindar dari kesemutan, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat dan sering melakukan olahraga.

 

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Mie Instan Bisa Menyehatkan, Asalkan..
  2. Bahaya Menggertakkan Tangan Dan Jari Bagi Tulang
  3. Kenapa Ketika Hamil Tidak Boleh Makan Anggur?
  4. 5 Makanan Ini Harusnya Tidak Dikonsumsi Berbarengan
  5. 9 Jenis Roti Untuk Menurunkan Berat Badan
  6. Sering Minum Softdrink Mempercepat Siklus Menstruasi Pertama
  7. Bahaya Tomat di Dalam Kemasan Plastik
  8. 5 Penyebab Diare Yang Jarang Anda Sadari
  9. 5 Alasan Kenapa Stres Bikin Gemuk
  10. Benarkah Bahan Kimia Berbahaya Ada di Pembalut Wanita?
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Mar
22
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat