You are here:

Mendeteksi Kesehatan Dari Ukuran Lingkar Pinggang

 

Mendeteksi kesehatan  gimana caranya ya? mungkin itu sebagian pertanyaan dari dalam diri Anda yang penasaran dengan kondisi kesehatan Anda sendiri. Sebenarnya untuk mendeteksi kesehatan bisa dilakukan dengan cara mudah yaitu dengan mengukur lingkar pinggang.

lingkar pinggang

Obesitas atau kelebihan berat badan ditandai dengan lingkar pinggang yang membesar. Sekarang coba ambil pita ukur dan lingkarkan diatas tulang pinggul Anda. Nah, lingkar pinggang yang sehat itu untuk wanita tidak boleh lebih dari 80 cm. Sedangkan untuk laki-laki harus berada pada angka tidak lebih dari 90 cm.

Lingkar pinggang yang melebihi normal seperti yang telah polahidupsehat sebutkan diatas disebabkan adanya penumpukkan lemak disekitar pinggang. Kemungkinan besar penumpukkan lemak ini disebabkan oleh gaya hidup Anda yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan berlemak dan kurangnya berolahraga. Selain itu bisa juga disebabkan metabolisme tubuh yang terganggu sehingga menyisakan tumpukan lemak dipinggang Anda.

Lalu apa yang terjadi jika terjadi timbunan lemak di pinggang? Seperti dilansir dari meetdoctor yang diungkapkan oleh dr. Witri Rahmania Ada dampak serius jika ada timbunan lemak dipinggang.

Ternyata akibatnya sangat berbahaya,yaitu bisa memicu asam urat, kolesterol tinggi,diabetes tipe 2 dan hipertensi. Penyakit-penyakit tersebut bisa berkembang lagi karena akan menimbulkan penumpukan plak yang menjadikan pembuluh darah menyempit, yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

Untuk itu Anda harus mengatur kembali berat badan agar ideal sehingga dapat menghilangkan timbunan lemak di pinggang. Caranya dengan mengatur pola makan seperti mengurangi asupan karbohidrat yang biasa terdapat pada nasi, mi dan jenis pasta, mengonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung serat, selain itu olahraga teratur (30 menit perhari), tidur malam yang cukup dan minum banyak air putih.

Jangan melakukan diet yang salah dengan mengkonsumsi obat pelangsing dan melewatkan jam makna yang harapannya mendapatkan hasil yang cepat. Padahal justru hal ini akan menimbulkan penyakit. Menurut dr.Witri Rahmani menurunkan berat badan harusnya secara perlahan agar berat badan tidak turun dengan terlalu cepat.

Lebih lanjut dr.Witri Rahmani menjabarkan lambung secara alami memproduksi asam yang fungsinya untuk melumat makanan yang masuk, meringankan kerja usus dan agar makanan lebih mudah dicerna. Nah, kalau tidak ada makanan yang masuk untuk dicerna maka bisa jadi asam lambung akan melukai lambung sendiri. Ok sudah tahukan resiko memiliki pinggang besar sebaiknya mulai sekarang coba kurangi deh ukurannya biar Anda tambah sehat dan tentu saja lebih pede kan kalau memiliki pinggang langsing.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. 6 Tips Sehat Atasi Penyakit Radang Usus
  2. 7 Manfaat Jus Bayam Untuk Kesehatan
  3. Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan
  4. Salad Tak Sehat Bagi Tubuh, Kenapa Ya?
  5. 5 Alasan Kenapa Makan Buah Tiap Hari Dapat Menyehatkan Tubuh
  6. Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh
  7. Cara menurunkan Berat Badan tanpa Olahraga dan Diet
  8. 3 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Terhindar Dari Stroke
  9. Manfaat Makan Tahu Yang Harus Anda Ketahui
  10. 5 Alasan Lemak di Perut Sulit dihilangkan
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Dec
12
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat