You are here:

Manfaat dan Khasiat Belut

 

Manfaat dan Khasiat belut, sudah tahukah Anda? kalau belum, disini polahidupsehat ingin menyajikan kepada Anda apa sebenarnya manfaat dan khasiat dari belut itu. Mungkin sebagian orang merasa jijik dengan belut, tapi sebenarnya belut ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

manfaat belut

Ada 3 jenis belut yang ada di Indonesia yaitu belut sawah, belut bermata sangat kecil dan belut rawa. Dari tiga belut tersebut yang paling dikenal oleh masyarakat adalah belut sawah.

Kandungan nutrisi dari belut sangat banyak seperti kalori, kolesterol, sodium, protein, air, asam lemak tak jenuh omega 3, asam lemak tak jenuh total omega 6, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, Vitamin B12, folate, acid, pantothenic, kalsium, zat besi, magnesium, potassium, fosfor, zinc,mangan dan selenium.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat belut berdasarkan zat-zat yang terkandung didalam belut.

Manfaat dan Khasiat Belut :

1. Protein

Kandungan protein dari belut lebih tinggi dari telur dan setara dengan daging sapi yaitu 18.4g/100 gram. Selain itu nilai cerna protein pada belut sangat tinggi sehingga cocok sekali untuk dijadikan sebagai sumber protein baik bagi semua usia.

2. Leusin

Leusin pada belut dapat bermanfaat untuk melakukan perombakan dan pembentukan protein otot.

3. Arginin

Arginin atau asam amino non esensial dapat mempengaruhi hormon pertumbuhan manusia yang disebut dengan HGH yang mana dapat membantu kesehatan otot dan dapat mengurangi terjadinya penumpukan lemak di tubuh Anda. Selain itu manfaat dari arginin adalah untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

4. Zat Besi

Zat besi yang terkandung didalam belut sebanyak 20mg/100 gram.Kandungan zat besi ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan telur dan daging. Dengan mengkonsumsi 125 gram belut perhari sudah bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian anda sebanyak 25 mg. Zat besi sendiri bisa bermanfaat untuk mencegah anemia.

5. Fosfor

Belut memiliki kandungan fosfor yang melimpah, fosfor sangat mendukung kalsium untuk membentuk massa tulang. Untuk itu konsumsi fosfor harus berimbang dengan kalsium agar tulang bisa kokoh dan kuat sehingga terbebas dari osteopororsis.

6. Kaya Vitamin

Seperti yang telah polahidupsehat sampaikan diatas belut memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak. Seperti vitamin A dan B, vitamin A yang terdapat di dalam belut adalah 1.600 SI per 100 gram sehingga baik untuk memelihara sel epitel. Sedangkan Vitamin B memiliki manfaat untuk kofaktor dari suatu enzim sehingga enzim tersebut bisa berfungsi normal dalam proses metabolisme tubuh.

Selain diatas manfaat belut yang lain adalah untuk menurunkan resiko penyakit jantung, baik untuk kesehatan penglihatan, untuk perkembangan fungsi syaraf pusat, menormalkan tekanan darah di otak, dan mengurangi risiko diabetes mellitus tipe dua.

Walaupun memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, ada kekurangannya yaitu mengandung kolesterol yang cukup tinggi sehingga kalau dikonsumsi secara berlebihan dapat berdampak buruk. Untuk itu konsumsi belut sebaiknya tidak berlebihan agar kita bisa mengambil manfaat dan khasiat belut.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas Untuk Kesehatan
  2. 7 Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan
  3. 10 Manfaat Kismis Bagi Kesehatan
  4. Mengendalikan Asam Urat Tinggi Dengan Air Putih
  5. Manfaat Makan Tahu Yang Harus Anda Ketahui
  6. Manfaat Ikan Tuna Bagi Perkembangan Anak
  7. 5 Khasiat Ajaib Kunir Pada Kulit Yang Kerap Diremehkan Orang
  8. 7 Manfaat Jus Bayam Untuk Kesehatan
  9. Memanfaatkan Madu Untuk Melangsingkan Tubuh
  10. 6 Manfaat Kacang Arab Bagi Kesehatan
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Dec
17
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat