You are here:

Manfaat Buah Pome atau Delima

 

Manfaat Buah Pome – Buah Pome cukup familiar di telinga kita, karena sering di iklankan di televisi walaupun dalam produk Jus. Pola hidup sehat tidak ingin membahas produk tersebut, tapi khasiat dari buah pome secara langsung.

Buah Pome

Buah Pome

Buah Pome di kenal juga dengan Delima, berdasarkan sumber dari wikipedia berasal dari Timur Tengah dan tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1000 m dpl. Tumbuhan ini suka dengan tanah gembur yang tidak terendam air. Buah ini terdapat tiga macam yaitu putih, merah dan ungu. Biasanya banyak yang mengkonsumsi buah ini untuk campuran rujak, salad, jus atau sari buah. Jika dibuat jus ada baiknya bijinya juga diikut sertakan karena di dalam biji terdapta senyawa polifenol.

Didalam Buah Pome atau delima memiliki banyak kandungan seperti ion kalium (potasium), vitamin A, C dan E serta asam folic. Kemudian bagian biji bisa dimakan, kandungan kalium per 100 gram (259 mg.gr), energi 63 kal, 20 mg vitamin C. Komponen-kompenen ini dianggap sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut ini beberapa manfaat buah pome :

1. Menangkal Kanker

Berdasarkan jurnal Translational Oncology disebutkan bahwa buah pome atau delima bisa menangkal kanker payudara dan juga kanker kulit.

2. Mencegah Serangan Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di Altheroderosis bahwa buah pome atau delima ini memiliki kemampuan untuk mensintesis kolesterol dan menghancurkan radikal bebas yang terdapat di sistem vaskular.

3. Menjaga tekanan darah agar tetap normal

Berdasarkan jurnal Plant Foods for Human Nutrition, menyebutkan kalau sari buah ini dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi sehingga darah menjadi tetap normal.

4. Mengoptimalkan Obat-obatan

Dengan sari buah delima atau pome ini diketahui dapat meningkatkan kinerja obatan khususnya untuk membunuh bakteri jenis gram negatif yang dikenal sebagai microba yang bisa melawan kerja dari obat.

5. Mengatur kelainan sindrom resistansi insulin

Buah Pome bisa menyeimbangkan kadar gula dalam darah serta meningkatkan kepeakaan tubuh terhadap keberadaan insulin sehingga dapat mencegah diabetes.

6. Melindungi DNA

Dengan adanya antioksidan yang terkandung di dalam buah Pome sehingga mampu melindungi komponen genetika tubuh manusia.

7. Mampu Melindungi Organ Hati

Apa yang dikemukan di Journal Toxilogy and Indutrial Health bahwa dengan mengkonsumsi jus delima secara rutin dapat melindungi dan memperbaiki hati yang rusak.

8. Melindungi Ginjal

Buah Pome ini dapat melindungi organ ginjal sehingga bisa tetap sehat. Hal ini telah dibahas di Journal Renal Failure.

9. Memperbaiki sel-sel Tubuh Yang rusak

Sari buah delima atau pome ini memiliki kandungan Flavonoid yang tinggi, yaitu suatu jenis antioksidan kuat yang memiliki peranan yang sangat penting untuk mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sekaligus juga mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

10. Mencegah dan Memperlambat Efek Penyakit Alzheimer

Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang meminum jus Pome 3 kali atau lebih dalam seminggu, bisa menurunkan risiko terkena Alzheimer hingga 76% dibandingkan dengan orang yang tidak meminum jus Pome sama sekali.

Selain manfaat di atas sebenarnya masih banyak manfaat lain seperti mencegah kerusakan tulang rawan, dan menjaga kesehatan gigi serta masih banyak lagi. Nah, dengan mengetahui begitu besarnya manfaat dari Buah ini tak ada keraguan lagi buat kita untuk mengkonsumsi buah Pome.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Benarkah Bahan Kimia Berbahaya Ada di Pembalut Wanita?
  2. Penyebab Rambut Tipis Yang Dialami Wanita
  3. Manfaat Menyisir Untuk Kesehatan Rambut
  4. 6 Kelebihan Olahraga Lari
  5. 5 Pewarna Rambut Alami Agar Rambut Tetap Sehat
  6. 5 Langkah Untuk Mengusir Bau Kaki
  7. Manfaat Labu Kuning Untuk Kecantikan
  8. Konsumsi Makanan Ini Agar Menstruasi Tetap Lancar
  9. 3 Pose Pilates ini Membuat Perut Rata
  10. Asupan Yang Harus Dihindari Ketika Haid
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Nov
13
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat