You are here:

Manfaat Beras Hitam, Coklat dan Padi Liar

 

Manfaat beras hitam,Coklat dan Padi Liar – Makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia adalah Nasi (beras putih). Dan bahkan ada ungkapan belum makan kalau belum makan Nasi. Padahal masih banyak pilihan makanan pokok lain yang lebih menyehatkan dibandingkan dengan nasi seperti kentang, gandum, ubi, Nasi hitam dan masih banyak lagi.

beras hitam

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti asal Harvard pada tahun 2012, orang yang mengonsumsi nasi putih lebih sering memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 dibandingkan yang jarang.

Karena merupakan makanan yang cenderung menimbulkan diabetes maka para peneliti menyarankan untuk mencari pengganti dari nasi putih salah satunya adalah dengan nasi coklat yang lebih menyehatkan dengan kandungan serat lebih banyak dan dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Sebenarnya ada beberapa varietas beras yang memiliki kemampuan serupa seperti beras hitam, coklat dan juga padi liar.

Nah, jika Anda penasaran dengan manfaat masing-masing beras tersebut silahkan disimak manfaat dari Beras Merah, Coklat dan Padi Liar.

Beras Merah/Beras Hitam/Beras Ungu.

Berdasarkan sebuah studi beras ini mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan bluberi atau brokoli. Jika dibandingkan dengan beras putih kandungan karbohidrat dari beras merah ini lebih rendah. Tapi berdasarkan penelitian nilai energi yang dihasilkan beras merah lebih tinggi dibandingkan beras putih. Selain itu beras merah diklaim lebih kaya akan serat dan protein. Dengan manfaat yang begitu besar tak ada salahnya Anda mengganti beras putih dengan beras merah.

Padi Liar

Padi Liar mudah kita jumpai di air dangkal dan aliran yang mengalir secara perlahan. Kandungan protein, serat, potasium magnesium dan niasin yang lebih tinggi dibandingkan beras putih bahkan nilai kandungan antioksidan 30  kali lebih tinggi.

Beras Coklat

Beras coklat merupakan beras yang hanya dihilangkan sekamnya saja dan tidak diproses lebih lanjut. Beras coklat mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan beras putih sehingga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Kandungan Fitonutrien yang ada di dalam beras coklat dapat menurunkan risiko kanker, diabetes dan juga penyakit jantung.

Kelemahan dari beras coklat ini adalah mudah membusuk, untuk itu perlu penyimpanan yang kering dan sejuk agar bisa bertahan lama.

Alternatif makanan pokok selain nasi sebenarnya ada banyak tinggal kita berlatih untuk menghilangkan ketergantungan kita pada nasi putih atau beras putih.

via kompas

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. 6 Alasan kenapa Anda Harus Sering Makan Salad
  2. 4 Makanan ini Bisa Jadikan Tubuh Wangi Alami
  3. Mengendalikan Asam Urat Tinggi Dengan Air Putih
  4. Bawang Merah Mampu Memperkuat Tulang Dan Sendi
  5. Manfaat Pare Bagi Kesehatan
  6. Manfaat Jamur Kancing Bagi Kesehatan
  7. 7 Manfaat Udang Untuk Kesehatan
  8. Manfaat Es Batu Bagi Kecantikan Kulit
  9. Manfaat Kacang Kenari Bagi Kesehatan
  10. 6 Manfaat Kacang Arab Bagi Kesehatan
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Dec
31
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat