You are here:

Khasiat Air Perasan Lemon

 

Khasiat Air Perasan Lemon – Beberapa penyakit ternyata dapat diobati dengan vitamin dan mineral yang terkandung didalam air perasan Lemon. Selain itu Lemon juga memiliki khasiat membersihkan organ tubuh dari berbagai microba serta radikal bebas.

Khasiat Air perasan lemon ini tidak akan berfungsi banyak kalau air lemon tersebut telah melewati proses pengemasan atau pasteurisasi. So… jika sobat ingin benar-benar merasakan khasiatnya ambil dari perasan lemon segar dan bukannya minuman kemasan yang sekedar bercitarasa lemon saja.

air perasan lemon

 

OK berikut ini Khasiat Air perasan lemon seperti dikutip dari kompas :

Membersihkan Tubuh

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Jethro Kloss “Back to Eden” menjelaskan dengan detail manfaat dari air perasan lemon. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa air lemon bisa mencega sepsis (penumpukkan bakteri di dalam tubuh). Selain itu Air lemon juga memiliki efek anti scourbutic aau kemampuan tubuh untuk mencegah penyakit dan membersihkan kotoran dalam tubuh.

Selain itu sumber lain yaitu dari buku “You Are What You Eat,” oleh Dr. Gillian McKeith juga menjelaskan bahwa segelas air hangat yang dicampur dengan perasan lemon di pagi hari setelah bangun tidur mampu membersihkan lendir yang tidak berguna di dalam tubuh sehari sebelumnya. Tapi ada baiknya lakukan juga malam hari sebelum tidur.

Membantu Kerja Sistem Pencernaan

Dengan meminum air perasan Lemon atau air lemon ternyata dapat meredakan berbagai gangguan pencernaan seperti mulas, kembung, dan juga kram perut. Selain itu dengan meminum air lemon secara teratur bisa membersihkan usus dan juga mencegah terjadinya sembelit dan diare. Satu sendok teh air lemon yang di campurkan ke dalam setengah gelas air membantu untuk meredakan rasa mulas.Air yang digunakan dianjurkan tidak terlalu panas atau dingin.

Menurut Ann Heustad, perasan 3 sampai dengan 4 lemon mampu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi aliran darah berlebihan ketika seorang wanita menstruasi.

Merangsang Kerja Hati

Air lemon juga membantu melarutkan asam urat dan racun lainnya yang ada di dalam hati. Selain itu mampu meluruhkan batu empedu dan meringankan demam  yang disebabkan malaria. Kandungan Kalium yang sangat tinggi di air lemon membantu menyembukan biliousness atau gejala gangguan hati yang bisa menyebabkan sembelit, pusing, muntah dan kehilangan nafsu makan.

Orang yang memiliki gangguan hati menurut Kloss harus minum air hangat perasan lemon 1 jam sebelum sarapan.

Tapi perlu diingat, Air perasan Lemon ini bisa dirasakan jika lemon tersebut dalam kondisi segar. Untuk lemon yang diawetkan tidak bakal memberi khasiat yang sama. Mudah-mudahan beberapa khasiat air perasan lemon diatas dapat bermanfaat bagi sobat.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Manfaat Labu Kuning Untuk Kecantikan
  2. Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan
  3. Ini Dia Alasan Kenapa Air Kelapa Murni itu Menyehatkan
  4. 7 Manfaat Jus Mentimun Untuk Kesehatan
  5. 3 Manfaat Buah Pir Selain Untuk Kanker
  6. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Jerawat
  7. Serangan Jantung Pada Orang Gemuk Bisa Dicegah Dengan Semangka
  8. Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
  9. Siwalan, Buah Langka Yang Memiliki Banyak Manfaat Sehat
  10. Khasiat dan Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
 
Posted by admin 7 Responses
   

7 Responses to “Khasiat Air Perasan Lemon”

  1. Agustin Fauziah says:

    Apakah jeruk lemon bisa diganti dengan jeruk nipis dan apakah fungsinya akan tetap sama?

  2. Dance Bale says:

    Khasiatnya beda mbak Agustin, kalau lemon itu bersifat basa sedangkan jeruk nipis bersifat asam. Yang bagus buat tubuh manusia sebenarnya adalah yang makanan/minuman yang bersifat basa, pH normal adalah 7, sedangkan pH tubuh manusia itu yg bagus adalah 7,3 – 7,5 (kondisi basa), sedangkan makanan/minuman yg bersifat basa sebaiknya dikurangi. Mengapa? Krn sebenarnya bakteri/virus/kuman itu hidup dalam kondisi asam shg kl pH tubuh asam maka itu bagus buat perkembangannya. Itulah mengapa lemon bagus utk pertahanan tubuh krn bersifat basa. Utk penderita maag yg asam lambungnya tinggi, lemon bagus jg utk menetralkan.

  3. Ni wayan Latri says:

    Sudah menjadi kebiasaan bagi saya untuk makan jeruk lemon segar setiap hari,tetapi apakah berbahaya kalu kita makan jeruk lemon beserta dgn kulitnya….saya udah menjalaninya selama 1,5 tahun ikni ….Klo makan hnya airnya sja terasa asamnya tetapi bila makan sekaligus dgn kulitnya tidak terasa asam dan rasanya jauh lebig enak di mulut…..gmn ..apakah yg saya lakukan berbahaya bagi kesehatan…trimakasih….

  4. Cresentia says:

    Saya baru ingin mencoba mengkonsumsi lemon secara rutin, yg ingjn saya tanyakan, apakah lemon boleh diseduh dengan kulitnya? Dan apakah boleh diseduh berkali-kali? Klo tidak boleh apa efeknya bagi tubuh kita

    • Diana says:

      Maaf, saya kurang paham yang Mba Cresentia maksudkan dengan diseduh berkali-kali. Apakah maksudnya diseduh seperti irisan lemon seperti dalam lemon tea? Sebab yang dimaksudkan dalam artikel ini, sebagaimana juga artikel-artikel lain mengenai khasiat lemon, sebenarnya lebih ke perasan lemon. Jadi lemonnya disqueeze pakai tangan atau bisa juga menggunakan crusher, kita ambil air perasan itu untuk dicampur dengan air hangat. Bisa ditambahkan madu murni jika ada. Nah, air perasan lemon yang ditambahkan ke air hangat ini, menurut para ahli, menjadi air alkali. Saya sudah di minggu ketiga merutinkan habit ini, dibarengi dengan konsumsi air putih yang cukup sepanjang hari, dan memang tubuh rasanya jauh lebih seger 🙂

  5. Lana says:

    Perasaan lemon atau jeruk nipis yang seharusnya (lebih baik) saya gunakan untuk membuat pasta campuran soda kue? *Untuk pasta pemutih gigi.

    Mohon penerangannya 🙂

 

Leave a Reply to this Post

May
13
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat