You are here:

Ini Dia Ancaman Dibalik Renyahnya Kentang Goreng

 

Kentang Goreng yang ekstra crispy memang sangat enak dan bikin kita ketagihan, Tapi dibalik nikmatnya kentang goreng ternyata tersimpan ancaman bagi kesehatan dan ini perlu Anda perhatikan. Ancaman tersebut berupa acrylamide yang ternyata bisa menyebabkan kanker.

Kentang goreng

Sebuah lembaga pengawas obat dan makanan di AS yaitu Food and Drug Association(FDA) mengingatkan potensi bahaya dari kandaungan acrylamide yang terdapat di dalam kentang, Karena senyawa yang memiliki rumus kimia C3H5NO ini bisa menyebabkan timbulnya kanker.

Sebenarnya senyawa acrylamide tidak hanya dihasilkan oleh kentang saja bisa juga dari sereal, roti goreng atau panggan dengan suhu tinggi dalam waktu lama. Hal ini seperti dilaporkan oleh NPR walaupun belum terbukti dapat menyebabkan kanker pada manusia tapi akan lebih baik kalau kita sepenuhnya menghindari acrylamide yaitu dengan tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng atau dipanggang terlalu lama. Atau bisa juga dengan menekan kadar acrylamide tersebut.

Berikut ini cara agar bisa menekan kadar acrylamide dalam makanan yang Anda konsumsi :

1. Hindari Menggoreng

Mengolah makanan dengan cara digoreng ternyata bisa memicu senyawa acrylamide. Walaupun Anda senang dengan makanan dengan rasa renyah tapi jika akibatnya berbahaya bagi tubuh Anda sebaiknya dihindari saja. Sebagai gantinya pilihlah kentang dalam bentuk salad. Tapi jika terpaksa harus menggoreng bisa  juga dengan menggorengnya tidak terlalu matang.

2.Jangan Terlalu lama memanggang

Memanggan makanan dalam waktu lama bisa meningkatkan jumlah acrylamide. Jadi kalau Anda menginginkan roti panggang sebaiknya jangan terlalu lama memanggangnya segera diangkat saja jika sudah berwarna coklat muda.

3, Jangan menyimpan kentang dalam lemari es

Jika anda menyimpan kentang dengan suhu yang terlalu dingin maka bisa memicu meningkatnya acrylamide saat makanan tersebut dimasak. Untuk amannya sebaiknya kentang disimpan dalam pantry saja.

4. Memasak dengan cara direbus atau dikukus

Memasak dengan cara rebus dan kukus merupakan cara teraman karena tidak meningkatan acrylamide dalam makanan.

via kompas

 

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Terlalu Banyak Duduk Memicu Kanker Usus Besar
  2. Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung
  3. Mandi Malam Ternyata Tidak Menyebabkan Rematik
  4. Benarkah Bahan Kimia Berbahaya Ada di Pembalut Wanita?
  5. 5 Penyebab Diare Yang Jarang Anda Sadari
  6. Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Ibu Hamil
  7. Mie Instan Bisa Menyehatkan, Asalkan..
  8. Cepat Lelah,Hati-Hati Gangguan Tekanan Darah
  9. Sering Minum Softdrink Mempercepat Siklus Menstruasi Pertama
  10. Manfaat Bunga Rosella Bagi Kesehatan
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Dec
12
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat