You are here:

Cepat Lelah,Hati-Hati Gangguan Tekanan Darah

 

Cepat lelah, mudah mengantuk,sering pinsan ataupun sering kesemutan ini menandakan ada yang tidak beres pada tubuh Anda. Hal ini jangan dianggap enteng karena ini bisa jadi gejala awal dari penyakit yang berbahaya.

lelah

Misalkan saja sering kesemutan, Banyak orang yang mengabaikan hal ini padahal banyak yang bisa menjadi faktor penyebab kesemutan. Seperti kurang gizi, saraf terjepit, tumor sumsum tulang belakang, migrain, elastisitas pembuluh darah vena berkurang, atau bisa jadi ini adalah gejala dari stroke.

Gangguan lain yang harus Anda perhatikan adalah merasa cepat lelah. Karena berdasarkan studi menyebutkan adanya hubungan antara sindrom kelelahan kronis (CFS) dengan ketidaknormalan pada tekanan darah. Tapi berdasarkan laporan tersebut , hal ini masih bisa ditangani. Ketidaknormalan itu berdasarkan Journal of American Medical Association menunjukkan adanya gangguan pada tekanan darah atau bisa disebut dengan neurally mediated hypotension.

Gangguan tekanan darah ini diuji dalam studi yang dilakukan di AS terhadap 23 responden yang terdiri dari 18 perempuan dan 5 laki-laki yang usianya sekitar 34 tahun.Dengan kelelahan kronis dan positif neurally mediated hypotension maka akan mengalami kondisi tekanan darah menurun yang drastis setelah berdiri terlalu lama atau melakukan olahraga.

Permasalahan ini bermula dari mekanisme sistem saraf yang mengatur tekanan darah saat tubuh sedang dalam posisi berdiri, sementara itu gravitasi menarik darah ke bawah, hal ini membuat darah berkumpul dibagian lengan dan kaki.

Setelah itu tubuh akan merespon kondisi tersebut dengan menyuruh jantung memompa darah lebih keras sehingga meningkatkan tekanan dan memastikan kalau sirkulasi darah ke otak cukup.Tapi hal ini berbeda dengan orang yang mengalami neurally mediated hypotension, otak akan salah menafsirkan tanda dari tubuh dan malah bereaksi menurunkan tekanan darah yang sudah rendah.

Sayangnya orang yang mengalami neurally mediated hypotension ini sukar untuk dideteksi.Hal ini terlihat setelah dalam keadaan berdiri tegak selama beberapa menit. Jika sudah terdeteksi maka merekaakan dianjurkan memperbaiki diet seperti mengonsumsi sodium yang lebih banyak.

via kompas

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. 5 Aroma Yang Bisa Menghilangkan Nafsu Makan
  2. Cara Cepat Turunkan Berat Badan Dalam Seminggu
  3. Cara menurunkan Berat Badan tanpa Olahraga dan Diet
  4. Cara Unik Menurunkan Berat Badan dengan Handuk
  5. Manfaat Berpuasa Sekali dalam Seminggu
  6. Cara Diet Paling Murah dengan Rutin Minum Air Putih
  7. 5 Alasan Kenapa Makan Buah Tiap Hari Dapat Menyehatkan Tubuh
  8. 5 Alasan Kenapa Stres Bikin Gemuk
  9. Alasan Kenapa Makan Apel Harus Bersama Kulitnya
  10. 6 Tips Sehat Atasi Penyakit Radang Usus
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Dec
11
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat