You are here:

Cara Sehat Memasak Daging Unggas

 

Daging unggas seperti ayam, bebek, dan lainnya memang enak. Tapi sekarang banyak orang yang gak peduli dengan cara memasak unggas yang benar, sering kali mereka melakukan kesalahan sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Food Protection terungkap bahwa kebanyakan orang masih salah dalam membersihkan, menyimpan dan memasak ayam atau unggas.

ayam pedaging

Unggas yang dibersihkan, disimpan dan dimasak secara salah bisa meningkatkan risiko terkena infeksi Salmonella dan Camplylobacter. Nah, agar Anda bisa membersihkan, menyimpan dan memasak daging unggas secara benar, berikut ini cara benar melakukannya seperti dilansir dari Health site yang dikutip dari merdeka.

Cara Memasak Daging Unggas Yang Benar :

1. Ketika berbelanja sekitar 24 persen orang tidak memisahkan daging unggas dengan makanan lain di dalam tas belanjaan. Walaupun ini terlihat biasa saja tapi bakteri yang ada pada daging unggas dapat menyebar ke makanan lain terutama yang tidak dibungkus.

2. Dalam menyimpan daging unggas mentah dalam lemari es ternyata hanya 17 persen yang melakukannya dengan benar. Cara yang benar adalah dengan menaruhnya di rak paling bawah pada lemari es dan dibungkus dengan plastik yang tertutup rapat. Karena jika daging unggas diletakkan dibagian rak atas dan tanpa dibungkus dapat menyebabkan cairan dari daging unggas menetes ke makanan lain yang mana berisiko menyebarkan bakteri.

3. 69 persen orang akan mencuci daging unggas mentah sebelum memasaknya. Padahal ini adalah cara yang salah, karena bagian permukaan daging unggas mentah mengandung bakteri berbahaya. Mencuci dengan air bisa menyebabkan bakteri semakin mudah menyebar melalui air yang digunakan untuk mencuci. Mencuci Daging unggas dengan air merupakan hal yang sia-sia karena hal ini tidak menghilangkan bakteri. Cara yang benar adalah dengan memasak langsung. Cara ini akan mematikan bakteri karena temperatur yang tinggi saat di masak.

4. Ketika membekukan daging unggas mentah didalam es akan berusaha mencairkannya dengan merendam dalam air dingin. Hanya 11 orang yang melakukannya secara benar. Berdasarkan rekomendasi dari ahli adalah dengan menaruhnya dalam plastik dan merendamnya dalam air dingin bukan dengan mengguyurnya.

5. Baik itu mengolah, menyimpan, membekukan hingga memasak daging unggas harus dilakukan dalam waktu satu sampai dengan dua hari saja. Lebih dari itu ayam tidak boleh diolah atau dimakan.

6. Setelah mengolah atau bersentuhan dengan daging unggas mentah sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Gunakan alat dan alas pemotong yang berbeda untuk daging unggas dan bahan makanan lainnya. Gunakan sabun untuk membersihkan peralatan masak untuk unggas.

Cara yang benar memasak daging unggas seperti yang telah di sebutkan diatas perlu Anda perhatikan agar tidak membahayakan kesehatan Anda.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Kesalahan Saat Keramas Yang Dapat Merusak Rambut
  2. Manfaat Es Teh Bagi Kesehatan
  3. Benarkah Bahan Kimia Berbahaya Ada di Pembalut Wanita?
  4. Rambut Kuat dan Sehat dengan Lada Hitam
  5. 5 Alasan Kenapa Makan Buah Tiap Hari Dapat Menyehatkan Tubuh
  6. 5 Langkah Akurat Mengatasi Ketombe
  7. 5 Langkah Untuk Mengusir Bau Kaki
  8. 5 Pewarna Rambut Alami Agar Rambut Tetap Sehat
  9. Gosok Gigi Setelah Makan Justru Merusak Gigi?
  10. Jenis Sayur Yang Baik Untuk Kulit
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Feb
7
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat