You are here:

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Ibu Hamil

 

Di masa kehamilan terkadang ibu mengalami rambut rontok yang cukup parah. Kerontokan yang di alami ibu hamil ini bervariasi, ada yang dalam batas normal yaitu 100 helai perhari, ada juga yang parah.

Rambut rontok

Penyebab rambut rontok pada ibu hamil adalah karena pengaruh hormon sat kehamilan untuk melindungi bayi. Meurut Dr. Schwartz seperti dikutip dari Newsmaxhealth.com bahwa faktor yang paling memungkinkan terjadinya kerontokan rambut adalah perubahan hormon selama masa kehamilan.

Di situs tersebut Dr.Schwartz mengatakan bahwa “Keseimbangan hormon Anda bergeser secara drastis dan hormon tersebut akan digunakan sangat banyak untuk pertumbuhan bayi didalam kandungan. Saat bayi sudah lahir, hormon tersebut akan kebali normal untuk melindungi Anda, para ibu,”

Tapi ada juga ibu yang tetap rontok setelah mereka melahirkan. Dr.Schwartz menjelaskan bahwa ini kemungkinan disebabkan oleh stres. Ibu setelah melahirkan sering dalam kondisi lelah, hal ini mungkin dikarenakna sering bangung tengah malam,kurang tidur dan tugas baru sebagai seorang ibu.

Stres ini mengakibatkan kerusakan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Jika Anda mengalami hal ini Anda bisa mengatasi rambut rontok ketika ibu hamil dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Menggunakan Tonik Alami

Tonik merupakan cara ampuh untuk menguatkan akar-akar rambut, baik itu ketika hail atau setelah melahirkan. Tonik ini akan memiliki efek yang lebih baik jika menggunakan bahan-bahan alami. Untuk melakukan tonik anda bisa menggunakan minyak kemiri. Caranya oleskan minyak kemiri di kulit kepala, kemudian diamkan minimal 1 jam lalu setelah itu dibersihkan dengan cara dikeramas.

2. Perhatikan Nutrisi

Selain memberikan nutrisi yang baik untuk janin, Anda juga harus memperhatikan nutrisi Anda sendiri. Pastikan Anda tetap mengonsumsi buah segar, ikan laut, daging, ayam dan berbagai sayuran hijau agar nutrisi Anda tercukupi dengan baik. Sehingga rambut juga mendapatkan pasokan nutrisi yang membuatnya tidak mengalami kerontokan.

3. Minum Vitamin

Jika Anda masih mengalami kerontokan rambut yang cukup parah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan Anda vitamin khusus yang dapat membantu Anda mengatasi kerontokan rambut tersebut.

Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok ketika ibu hamil diatas patut Anda perhatikan. Karena jika nanti Anda mengalaminya bisa Anda selesaikan dengan tips-tips diatas.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. 5 Fakta Penting Tentang Seks Ketika Hamil
  2. Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan
  3. Kenapa Ketika Hamil Tidak Boleh Makan Anggur?
  4. 7 Makanan Agar Anda Cepat Hamil
  5. 7 Manfaat Air Tebu Bagi Ibu Hamil
  6. Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil
  7. Pingin Anak Pintar Membaca, Konsumsi ini Selama Hamil
  8. Manfaat Ikan Tuna Bagi Perkembangan Anak
  9. Makanan Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil
  10. Paracetamol Berbahaya Bagi Bayi?
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Jun
17
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat