You are here:

5 Alasan Kenapa Stres Bikin Gemuk

 

Gemuk sesuatu yang sangat ditakuti oleh banyak orang, makanya banyak yang berusaha keras untuk melakukan diet agar tubuh mereka tidak gemuk. Dalam melakukan diet ada yang secara ekstrim dengan hanya makan 1 kali sehari dan ada juga yang meminum obat pelangsing yang belum tentu aman bagi kesehatan. Faktor kegemukan ternyata tidak hanya disebabkan oleh makanan saja, ada hal lain yaitu Stres.

perut langsing

courtesy ShutterStock.com

Stres ternyata bisa memacu badan menjadi gemuk, berdasarkan informasi yang diperoleh dai ihealthcareuppdates, Stres merupakan salah satu hal jahat yang mempengaruhi berat badan seseorang. Di satu sisi bisa menjadikan seseorang kurus dan berat badannya turun dalam waktu singkat, di sisi lain malah sebaliknya berat badan menjadi naik dan menimbulkan masalah kegemukan.

Nah, jika Anda penasaran kenapa stres bisa bikin gemuk, ini dia alasannya.

Stress Memperlambat Metabolisme

Stress kronis bisa mengacaukan hormon di dalam tubuh, hal ini mengakibatkan metabolisme jadi tidak seimbang. Padahal metabolisme tubuh dipengaruhi oleh berbagai hormon yang ada di dalam tubuh.  Jika komposisi tepat maka metabolisme jadi baik, termasuk pencernaan, dan kandungan gula di dalam darah.

Ketika terjadi Stress kronis metabolisme jadi ikut kacau dan tubuh menjadi tidak memiliki kemampuan yang cukup maksimal untuk membakar kalori, lemak dan juga gula.

Stress Mengakibatkan Salah Mengenali Lapar

Hormon yang kacau tadi mengakibatkan sinyal yang sampaike otak ikut kacau. Nah, saat ini lah orang jadi bingung menetukan dirinya haus atau sedang lapar. Sayangnya sebagian orang menganggapnya lapar sehingga mereka mengonsumsi makanan berkalori untuk menanggapi sinyal tersebut.

Doyan Ngemil

Ketika sinyal lapar berhenti, stress bisa memicu keinginan untuk ngemil, parahnya makanan untuk ngemil tersebut berupa makanan-makanan dengan kalori yang tinggi dan kaya lemak. Maka itulah sebabnya Anda jadi ingin makan keripik, spicy, Ice Cream, Cokelat, dan lainnnya yang dapat memberi rasa nyaman ditubuh,

Meningkatkan Kadar Gula Dalam Darah

Hormon yang mengatur kadar gula di dalam darah adalah Insulin. Ketika stress, tubuh tidak bisa mengatur produksi insulin dengan baik, hal ini menyebabkan jumlahnya menjadi berkurang. Sehingga menyebabkan Anda ingin makan makanan yang mengandung kalori dan lemak tinggi. Akibatnya Anda akan mengalami kenaikan berat badan. Hal lain yang timbul adalah kadar gula dalam darah menjadi tidak terkontrol dan jika dibiarkan sangat berbahaya karena menimbulkan penyakit diabetes.

Menimbun Lemak di Perut

Saat orang mengalami stress maka dia akan melepaskan hormon kortisol dengan tingkat yang tinggi.Efeknya tentu saja berbahaya bila berlebihan sehingga menyebabkan lemak di area perut menjadi tertimbun dan sulit untuk dikikis. Dan biasanya ini terjadi pada para pekerja kantoran yang kerjanya hanya duduk di depan meja dengan tingkat stres yang tinggi.

Diatas merupakan beberapa alasan kenapa stress bisa menyebabkan tubuh Anda menjadi gemuk. Untuk itu Anda harus mengimbangi kesimbukan dengan berbagai kegiatan yang meminimalkan stress. Dan salah satu caranya adalah berolah raga secara teratur.

via vemale/ihealthcareuppdates

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh
  2. Alasan Kenapa Anda Harus Mengonsumsi Bayam
  3. Manfaat Buah Aprikot Untuk Kesehatan
  4. 7 Manfaat Jus Bayam Untuk Kesehatan
  5. Mendeteksi Kesehatan Dari Ukuran Lingkar Pinggang
  6. Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan
  7. Pingin Perut Rata? Batasi 4 Makanan ini
  8. Manfaat Kacang Kenari Bagi Kesehatan
  9. Cepat Lelah,Hati-Hati Gangguan Tekanan Darah
  10. 6 Tips Sehat Atasi Penyakit Radang Usus
 
Posted by admin 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

Aug
22
 
 

Statistik





Sahabat Polahidupsehat

Follow Twitter pola Hidup sehat